MEMBUAT FORMAT RAPORT OTOMATIS

Untuk kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat format raport otomatis agar dapat mepermudah pengisian data, karena tidak perlu mengisi data satu persatu secara manual. Pastinya kita akan menggunakan Ms.excel untuk menginput data raport. Kebanyakan disini kita menggunakan rumus VLOOKUP yang merupakan sebuah fungsi di Microsoft excel yang kurang lebih berfungsi untuk mencari atau melihat sebuah data dari suatu table secara vertical. Dengan rumus umum

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,column_index_number,[range_lookup])

Langsung saja untuk cara- cara nya sebagai berikut :

  1. Buat form untuk nilai raport siswa seperti gambar di bawah



  1. Membuat leger nilai



  1. Kemudian buat data validation untuk mengisikan NIM dan di jadikan patokan untuk semua data-data yg akan di masukkan. Sourcenya dari ledger dan dari cell semua nama siswa di sheet ledger.



  1. Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah.



  1. Kemudian mengisikan nama siswa dengan VLOOKUP.
 syntax
=VLOOKUP(C5,LEGER!B6:H25,2,FALSE)
Keterangan:
C5                                       
= cell patokan (NIM)
LEGER!                              = nama sheet yg berisi data -data siswa
B6:H25                                = cell yg berisi data semua siswa
2;FALSE            = 2 adalah letak kolom ada di kolom nomor berapa,False merupakan Sintaks fungsi yang tidak memiliki argumen. Microsoft Excel menerjemahkannya sebagai nilai logis FALSE. FALSE melookup perkara secara detail dan akan menghasilkan sesuai kriteria yang kita tulis



  1. Kemudian memasukkan nilai di setiap mata pelajaran dengan VLOOKUP. Caranya sama hanya saja yg berbeda adalah letak data nya ada di cell berapa.



  1. Form di bagian nilai sudah terisi semua.


  1. Kemudian mengisikan nilai hurufnya dengan cara menggunakan rumus terbilang yang sudah saya bahas di postingan sebelumnya. bias di lihat kembali “DISINI”




  1. Mengisi keterangan dengan rumus IF . Apabila NILAI kurang dari KKM keterangannya Tidak Tercapai, jika nilai sama dengan atau lebih KKM maka keterangannya Tercapai.
    • Rumus nya sebagai berikut  =IF(E9>D9,"Tercapai","Tidak Tercapai")



  1. Nah sekarang aplikasi raport sudah berhasil di buat. Untuk penambahan data bisa di inputkan di Sheet leger. Intinya pada pembuatan raport menggunakan Ms Exel dengan perintah Vlookup ini adalah memudahkan para guru untuk pembuatan raport. Cara kerjanya yaitu Data dari leger di inputkan ke form raport dengan perintah vlookup. Untuk memudah kalian ,silahkan unduh file source yang sudah saya buat “DISINI” Selamat Mencoba 



Komentar

  1. Hatur nuhun ilmunya, lanjutkaan...

    BalasHapus
  2. Mantap artikelnya menarik dan mudah dimengerti..

    BalasHapus
  3. sangat mudah di pahami. Terima kasih

    BalasHapus
  4. TERIMA KASIH UNTUK TIPS & INFORMASI
    BERMANFAAT SEKALI, IZIN UNTUK MENGGUNAKAN DI SEKOLAH

    BalasHapus
  5. Casino | DRMCD
    You will have 오산 출장안마 to get 김해 출장마사지 in to the slots to win the 삼척 출장마사지 casino bonus. If you want to play online 하남 출장마사지 casino games from scratch, you have to make a deposit in 오산 출장샵

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS

MERUBAH ANGKA MENJADI HURUF TERBILANG PADA EXCEL