MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA DI MS.WORD

Salah satu proses yang terlihat cukup rumit saat menyusun karya tulis di MS Word adalah meletakkan kutipan dan membuat Daftar Pustaka yang rapi.

Tanpa mengetahui cara yang benar (alias menulis biasa), kamu akan kerepotan mencocokkan sumber kutipan dan Daftar Pustaka di akhir karya tulis.

Padahal kalau tahu caranya, hal itu sangat mudah dilakukan. Apalagi kutipan dan Daftar Pustaka berhubungan. Hal yang satu akan membentuk yang lain.

Cara ini biasanya digunakan untuk menambahkan sumber kutipan yang ditulis kalimat yang diambil dari sumber referensi.


  1. Klik Tab Reference –> Insert Citation –> Add New Source
  2. Maka Akan Muncul Dialog Box seperti dibawah ini. Isi sesuai sumber referensi, kemudian Klik OK


    Keterangan :
    Type of Source = Pilih jenis sumber referensi yang digunakan(bisa buku, majalah, artikel dll) setiap jeni sumber memiliki data isian yang berbeda-beda.
    Author = Nama penulis buku tanpa gelar, penulian nama seperti normal/nama depan terlebih dahulu, jika penulis lebih dari 1 maka digunkan tanda titik koma[;] setelah selesai penulisan penulis. Contoh : Rudy Raharjo;Arya Wicaksono
    Title = Judul Buku
    Year : Tahun Terbit buku
    City : Kota yang menerbitkan buku
    Publisher : Penerbit Buku
    Language : Pilih bahasa Indonesia (jika belum ada bisa di install terlebih dahulu)
  3. Setelah di klik OK maka sumber kutipan akan muncul pada tulisan seperti gambar dibawah ini. Ditunjukan oleh Higlight kuning. Selain tampil di teks sumber reference juga sudah tersimpan di Microsoft Word


Mengatur Sumber Reference Melalui Manage Source
  1. Klik tab Reference –> Manage Source


  2. Maka akan terbuka dialog box Souce Manager seperti gambar dibawah ini
      

    Keterangan :
    Kotak sebelah kiri (Master List) = Kumpulan Sumber Referensi yang disimpan oleh Microsof Word
    Kotak sebelah kanan ( Current List) = Kumpulan Sumber Referensi yang digunakan pada dokumen yang dibuka. Daftar ini juga yang akan di cetak pada Daftar Pustaka
    Copy = Untuk memberikan/copy sumber referensi sehingga dapat digunakan pada dokumen yang dibuka tanpa membuat ulang.
    Delete = Menghapus Sumber Referensi
    Edit = untuk memperbaiki atau menyunting sumber refereni yang tersedia
    New = Untuk membuat sumber referensi yang baru.
  3. Setelah selesai menyunting klik tombol Close
Menampilka Daftar Pustaka
  1. Klik tab Reference –> Drop Down Bibliography –> pilih Bibliography
  2. Setelah di klik maka akan langsung tampil Daftar Pustakanya seperti gambar dibawah ini


Semoga tulisan tersebut bermanfaat dan semoga yang sedang mengerjakan skripsi ataupun tugas akhir bisa cepat selesai aamiin 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS

MEMBUAT FORMAT RAPORT OTOMATIS

MERUBAH ANGKA MENJADI HURUF TERBILANG PADA EXCEL